Tuesday, January 02, 2007

Pedang Samurai Jepang.


Adalah Taufik, kenalan semasa masih di warnet Raison. Pada jam 15.00 sekonyong-konyong datang ke warnet RaisonE sambil membawa bungkusan kantung kresek putih. Pertama menanyakan Wandi. Waktu ditanya ada apa, Taufik mo minta penjelasan apakah aplication melalui email sudah selesai dikirimkan. Karena klo belum akan dikirimkan ulang. Katanya sih dikirimkan hari Selasa atau Raby minggu lalu. Berarti saat Natalan yang pada saat ini Internet lagi mengalami gangguan sehubungan dengan imbas gempa di Taiwan sana. Lalu aku sarankan buat buka yahoomail dan check pada folder Sent apakah sudah terkirimkan ketujuannya.
Selanjutnya Taufik membukai bungkusannya sambil bilang,
"Saya ada pedang samurai aseli Jepang milik keluarga saya. Pada 1940 Jepang sudah menguasai wilayah kelahiran saya. Dari peninggalan leluhur saya ditemukan pedang ini."
Katanya, seraya membukai sebilah pedang lentur yang mirip sabuk. Bilah pedang tipis berwarna kuningan itu lentur yang klo digenggam bilahnya akan bergetar menurut getaran tangan yang memegangnya. "Dulu lagi tahun 1995 memang banyak yang cari, katanya pengusaha Show Brothers di Hongkong memerlukan buat bikin film cina ngamuk." Kekehku sembari meneliti pedang lentur itu.
Dekat gagangnya bilah pedang itu ada tulisan aksara Jepang. Lalu ada gambar 9 bunga seruni, 9 bintang dan 9 gunung. Diujung pedang ada lubang kecil kayaknya buat menggantung pedang pada saat dirawat. Tertera angka tahun 1517 dan nomor seri 510023 yang ditatah. Sabuknya terbuat dari kulit hitam yang diujung bawahnya dilengkapi dengan bonggol kuningan dengan tatahan kasar lengkungan 9 bintang dan satu bunga seruni ditengahnya. Bonggol atas juga dengan lengkung 9 bintang dan separuh matahari terbit ditengahnya. Bonggol atas juga dilengkapi dengan pengait buat cantel sabuk saat dikenakan di pinggang. Gagang pedang berwarna hitam dengan motif gelang gelang sepanjang 25cm. Diujung belakang gagang ada sebilah pisau runcing kuningan sepanjang 10cm yang belakangnya diikatkan jumbai tali benang berwarna putih kuning dekil. Dilekatkan ke gagang memakai baut. Katanya sih buat keperluan harakiri. Tapi aku ragu apa iya pisau sependek itu buat harakiri? Mana gak make gagang tapi cuma bonggol. Kayak apa sengsaranya pelaku harakiri klo dinding perutnya cuma beroleh luka tembus secetek itu. Buat mendodet perut biasanya diperlukan kedua genggaman tangan yang kuat. Agar perut segera terbuka dengan usus terbelah lalu cepat mati. Agaknya pisau terbang deh yang dalam perkelahian digunakan sebagai senjata lontar.
"Waktu itu berapa harganya Beh?" Tatap Taufik dengan tatapnya.
"Katanya sih klo aseli Jepang harganya bisa 5M." Jawabku gak yakin aja.
"Oh yang ini aseli Beh." Tawa Taufik dengan tawanya.
Iya sih aku ada keraguan atas tampilan pegang itu. Terutama tatahan hiasan pedang dan bonggol pisau kecil. Kayaknya kok kasar dan amatiran banget. Maaf, masih kalah jauh dibandingkan dengan hasil cor kuningan Tegal deh. Sedari dulunya Jepang dikenal sebagai negara yang berbudaya seni tinggi dalam segala hal. Karya elektronika rumahtangga aja disebut SOTA state of the art. Apalagi ini terhadap seni budaya pedang yang menjadi kebanggaan sebagai warisan dari para leluhur.
"Benda ini klo dibawa ke jalan Surabaya paling ditawar 300ribu. Tapi buat apa? Makanya saya titipkan ke Babeh manatahu bisa dipasarkan liwat Internet untuk harga jual yang tinggi. Kan hasilnya bisa kita nikmati bersama. Pedangnya juga disini aja dulu takut ada peminat yang mau melihat" Ujarnya setelah selesai mengecek Yahoomail tanpa komentar apapun, sambil membungkus kembali pedang itu dengan 3 kantong kresek rangkap 3. "Biar aman aja Beh." Aku manggut2.

12 comments:

Adam Afghani said...

Mas berapa harganya pedang itu

Bisa kirim fotonya gak ke masadam@gmail.com

Makasih

Adam

Evi said...

Lokasi di mana mas?
Pedangnya bisa putus paku ga?

Makasih,
Kusnadi
v.mulyani@gmail.com

madi said...

boss,teman saya punya batu giok yang mau di jual.berat lebih kurang 80kg.anti panas kurang lebih 15 menit.anti gores.berminat?hubgi saya di madimedan@gmail.com

Keris Gallery said...

Wah Fantastic tuh bro.. Pedang Katana Samurai warriors memiliki banyak Jenis, memilih katana yang baik dengan melihat bahan pembuatannya dan siapa pembuatnya. Mau lihat koleksi saya yang UNIK-UNIK seperti pedang katana asli, pedang damascus, badik, keris dan barang antik lainnya silahkan mampir di web saya di www.keris.biz

RIDWAN D., ST said...
This comment has been removed by the author.
RIDWAN D., ST said...

Berminat dengan uang brasil ??? silahkan lihat koleksi uang brasilnya di
http://thaqruf-home.blogspot.com/2010/12/koleksi-uang-brasil.html

novianto said...

Mas samurainya masih ada? kalau bener-bener masih ada n asli jepang ada peminat dengan harga tinggi tapi diuji dulu, serius ada peminat harga tinggi banget,thanks banget. kalau serius mau dilepas? ok. mas bisa kaya mendadak. saya serius!

novianto said...

eh lupa hub saya / kirim email ke
novianto.tri.nugoho@gmail.com
hp. 08122307112
ditunggu kbrnya, thankss

novianto said...

eh emailnya kurang lengkap.
novianto.tri.nugroho@gmail.com

iwan said...

Mas kalo memang benar samurainya asli alias putus paku yang 12 cm saya punya pembeli yang berani bayar tinggi

Serius nie mas karena saya tahu keuangan dari pembeli saya

Mas niatnya mau jual berapa,nanti saya temuin sama pembeli saya

isetiawan30@yahoo.co.id

Koleksi Badik dan Pusaka Keluarga said...

Halo, bagi yang berminat membeli samurai asli silahkan buka http://www.keris.biz/pedang.php Harga cuma 5 jtan

shahrul izzam said...

saya ada pedang samurai tali pinggang nak jual..blh dtg tgk.harga blh certa.call sya ejam
019 7168150 ..