Tuesday, January 02, 2007

Pedang Samurai palsu

Referensi: Hati-Hati Pedang Samurai Palsu
Posted on Wednesday, January 18 @ 10:16:32 GMT by iaijutsu


Hati-Hati Pedang Samurai Palsu

Akhir-akhir ini saya sering menerima email atau sms atau telpon bahkan ada yang langsung datang ke rumah menawarkan "samurai" asli Jepang (begitu mereka menyebutnya, padahal samurai adalah orangnya sedangkan pedangnya bernama katana, nihon-to, shinken, iaito, dll tergantung jenis dan tipe nya). Begitu saya tanya "pedang samurai" yang anda tawarkan apa namanya, mereka semua tidak tahu dan tidak bisa menjawab.

Dan begitu saya lihat foto pedang yang di tawarkan selalu itu itu saja. Entah dari mana asal mulanya yang jelas kebohongon atau ketidaktahuan menyebar (saya sebut kebohongan karena setelah saya beri informasi yang benar sebagian dari mereka masih meneruskan jual beli "samurai" tersebut, saya sebut ketidak tahuan karena memang mereka awalnya tidak tahu bahwa itu bukan lah pedang yang mereka pikir, dan sebagian dari mereka berhenti menyebutnya "samurai").

Saya tidak ingin menjatuhkan siapapun dan tidak menghalangi usaha mereka berjual beli. Sah-sah saja toh mereka jualan, yang penting sesuai dengan apa yang mereka jual. Saya hanya tidak setuju mereka menggunakan "istilah" yang bukan pada tempatnya untuk menjajakan dagangan mereka.

Ketika saya tanya harganya, sering saya di buat melongo. Harganya bervariasi, mulai dari yang puluhan juta hingga puluhan milyar rupiah. Barang nya sama, harga bervariasi tergantung imajinasi si penjual. Ketika saya bahas di yahoogroups saya menjelaskan bahwa barang yang di sebut "samurai" itu bisa di dapatkan dengan harga hanya Rp. 750.000,- di Pasar Turi Surabaya, bahkan ada salah satu member yahoogroups yang memberikan informasi harga di Jakarta hanya Rp. 75.000,- lengkap dengan segala attribut yang di tawarkan.

Attribut yang biasanya ditawarkan bersama dengan pedang tersebut adalah:

1. Gambar 9 gunung dan 9 bintang.
2. Tahun bervariasi: 1817, 1705, 1136, 1465, 1575, 1801 dan 1603
3. Gambar naga, huruf kanji (entah dari mana mereka tahu itu huruf kanji, karena saya sangsi bahwa mereka mengerti bahasa Jepang).
4. Pisau kecil sering disebut oleh mereka pisau harakiri.
5. Sertifikat terbuat dari kain.
6. Gambar matahari terbit
7. Nomor Seri (yang ini agak aneh, mana mungkin zaman para samurai pedangnya pakai nomor seri segala, yang ada mah.. mei atau signature pembuat pedangnya di nagako, kecuali shin-gunto atau pedang peninggalan perang dunia II, tetapi pedang ini tahun pembuatannya tidak mungkin lebih tua dari tahun 1900-an). Klik disini untuk membaca kriteria pedang peninggalan perang dunia II.
8. Yang terakhir yang menjadi ciri khasnya: lentur bisa di buat sabuk. Ciri khas ini yang sangat menunjukkan bahwa tidak ada pedang Jepang atau pedang Samurai dari tahun manapun yang memiliki sifat lentur bisa di tekuk dan di pakai sabuk. Namun anehnya mereka masih menyebutkan "samurai". Ada 2 Kesalahan disini: 1. Samurai adalah title orangnya sama dengan pendekar atau ksatria, "samurai bukan nama pedang", 2. Tidak ada pedang samurai (nihonto) yang lentur dari tahun manapun.
9. Embel-embel yang membuat nya semakin kedengaran tambah hebat: "Putus Paku!"

Saya juga pernah menerima email dari Jakarta yang isinya kurang lebih seperti ini: "Pak, apakah anda tahu seseorang di Jakarta yang ahli menggunakan pedangnya? Saya tidak ingin latihan tapi ingin minta orang tersebut untuk mengetes sebuah pedang." Ketika saya tanya pedang apa yang ingin anda tes dan bagaimana cara mengetesnya? Mungkin saya bisa kenalkan anda pada kenalan saya di Jakarta kalau saya sudah tahu apa yang akan anda lakukan." Kemudian dia menjelaskan teknis yang akan di lakukan untuk mengetes pedang dia yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal di depan komputer (tidak akan saya uraikan disini). Ujung-ujungnya dia akan jualan pedang tersebut setelah di tes terlebih dahulu oleh (menurut dia) "orang yang ahli dalam menggunakan pedangnya". Istilah "orang yang ahli dalam menggunakan pedangnya" dan penjelasan bagaimana cara mengetesnya itulah yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Dalam hati saya berkata, "ada-ada saja nih orang".

Dalam tulisan ini, saya tidak akan memuat foto pedang tersebut, walupun di hard disk saya banyak foto-foto tersebut setelah di kirimi oleh para pedagang pedang samurai palsu itu.

Saya sering pada akhirnya berkata pada mereka, "Saya tidak melarang dan saya tidak punya hak untuk melarang anda jualan pedang dengan harga miliaran rupiah. Itu hak anda. Tetapi tolong jangan menyebarkan kebohongan dengan mengatakan pedang itu pedang samurai. Sebut saja pedang sabuk, karena memang itu namanya. Karena kalau di sebut pedang samurai, pedang itu tidak termasuk dalam kategori manapun dari pedang samurai yang benar-benar pedang samurai dari Jepang. Sama hal nya dengan orang yang menjual sebuah clurit dengan mengatakan itu sebuah keris zaman mojopahit, bagi anda yang tahu keris pasti akan tertawa terpingkal-pingkal. Bagaimanapun juga, sebuah clurit tidak bisa di kategorikan ke dalam jenis keris yang mana pun. Nah berhubung orang Indonesia sangat awam terhadap jenis dan nama-nama pedang samurai, maka mereka tidak akan tahu bahwa pedang yang anda jual itu bukan pedang samurai asli Jepang."

Referensi berikut ini akan berguna bagi anda. Tulisan di website ini ditulis oleh seorang ahli sejarah pedang samurai Richard Stein, PhD dan sudah banyak mendapatkan penghargaan atas tulisannya. Dan memang sengaja di hosting di hosting gratisan agar selalu online untuk keperluan komunitas pecinta pedang Jepang (nihonto) sedunia tanpa harus mengeluarkan biaya pertahunnya. silahkan klik disini untuk mengaksesnya atau klik disini kalau link yang pertama sedang down.

Klik disini untuk membaca atau mengadakan riset tentang semua jenis nihonto (pedang Jepang atau juga di sebut oleh kebanyakan orang "pedang samurai").

Mudah-mudah tulisan dan pengalaman saya ini berguna bagi masyarakat Indonesia agar tidak mudah tertipu membeli pedang dengan harga yang tidak sesuai dengan nilai sejarahnya.

NB: Tulisan ini TIDAK di tujukan untuk menjatuhkan siapapun. Tulisan ini untuk memberikan informasi yang benar bagi masyarakat Indonesia.




Related Links
· More about Announcement at Samurai Indonesia Dojo
· News by iaijutsu
Most read story about Announcement at Samurai Indonesia Dojo:
Alamat Samurai Indonesia


Article Rating
Average Score: 3.77
Votes: 9


Please take a second and vote for this article:

Excellent
Very Good
Good
Regular
Bad


Options

Printer Friendly Printer Friendly


Sorry, Comments are not available for this article.

http://www.samurai.or.id/php/modules.php?name=News&file=article&sid=39

8 comments:

Risky a.k.a Rasaki said...

Pak, terima kasih info ini sangat bermanfaat bagi saya.

kebetulan saya di tawari oleh keluarga tuk tawarkan barang ini juga ke atasan saya yang expatriat
jepang..

untuk menyakinkan mereka, klo itu salah, boleh saya diberi poto yang bapak punya tentang samurai palsu tersebut?
mohon saya dapat di email ke risky-y@pemi.co.id
atau risky_yoganda@yahoo.com

sekali lagi say ucapkan terima kasih.

Bymo said...

Perkenalkan saya Yohan dari Malang.Saya hendak menawarkan Pedang KATANA asli dari jepang komplit dengan sertifikat dengan harga Rp.55juta.
Jika anda tertarik bisa hubungi no hp kami di : 085855169998

Hormat kami,

YOHAN

Keris Gallery said...

Wah mantap tuh bro.. Pedang Katana memiliki banyak Jenis, memilih katana yang baik dengan melihat bahan pembuatannya dan siapa pembuatnya. Banyak juga pedang yang palsu yang beredar di Indonesia,yang pasti Pedang ini memiliki banyak sekali keunikan dan Manfaat. Mau lihat koleksi saya yang UNIK-UNIK seperti pedang katana asli, pedang damascus, badik, keris dan barang antik lainnya silahkan mampir di web saya di www.keris.biz

pribados.andi said...

Pa orang tua saya punya samurai tua, ceritanya itu hasil rampasan dari pimpinan prajurit jepang pada masa penjajahan, bisa di kirim link untuk kriteria2 samurai dan jenis2nya ke andiyusuf@gmail.com atau nanti saya bisa kirimkan juga fotonya ke email bapak. Agar bisa di lihat jenisnya apa... atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terimakasih

roy putra said...

Saya memiliki SAMURAI ROLL TOMBOL 3 dan SAMURAI ROLL TOMBOL 5 merah bata yang ingin dimaharkan, dan 1 buah TONGKAT BAMBU PETHUK GANDA. untuk samurai roll sudah ditest keasliannya oleh tester dari jakarta dan dinyatakan lulus test seperti hampa udara dan putus paku beton 12cm. untuk pemaharan diutamakan buyer yang bersedia datang kelokasi. tidak menerima biaya undangan. jika berminat bisa hubungi saya langsung di no 081319373111

Tony Mangkunegoro said...

langsung saja ya...
kami dari toko 'TJOKROSUHARTO"jln panebahan 58 yang berada di Yogyakarta.kami senang dan bangga ketika bangsa ini mau mengerti dengan Sejarah..bagi yang ingin menjual "PEDANG' tersebut silahkan datang dan dibawa ke toko kami...atao bisa call di 082220043259(Tony Mangkunegoro)
sekali laigie maaf harganya yang riel saja.....

rijal arif annur said...
This comment has been removed by the author.
rijal arif annur said...

mr emanrais
terima kasih banyak untuk informasi yang telah anda poting
saya mau bertanya
sebenarnya ciri-ciri untuk sejenis pedang samurai yang asli itu seperti apa?
dan ciri-ciri untuk sejenis pedang samurai yang palsu seperti apa?
mohon diberi contoh dan gambar yang relevan agar saya lebih memahami tentang hal tersebut
jika sempat, mohon hal-hal tersebut dikirim melalui email:
rijalpedcok@yahoo.com
rijalpedcok@gmail.com

sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuanya